Mengevaluasi apa yang harus di ralat, dan di lakukan untuk mendapatkan kualitas bisnis yang lebih baik.

Bisnis harus tetap di evaluasi, dan di kontrol untuk mencapai keinginan yang diingini.

Setiap Diri Kita Adalah Pemimpin

Perbedaan yang mendasar dari guru pada umumnya dan Guru Penggerak yaitu besaran dampak yang dibuat. Guru Penggerak diharapkan menjadi teladan dan agen perubahan di dalam ekosistem pendidikan. Mereka harus mempunyai dampak lain selain perubahan positif di kelasnya sendiri. Guru Penggerak harus memberikan dampak kepada guru-guru lain serta dampak kepada sekolahnya.

Salah satu elemen terpenting dari kepemimpinan yang efektif adalah menciptakan jalur komunikasi terbuka dengan anggota tim. Kejujuran dan transparansi Anda harus menjadi contoh bagi anggota tim. Ketika Anda bertanggung jawab atas tim atau orang lain, penting untuk berterus terang. Perusahaan Anda dan karyawan adalah refleksi dari diri Anda sendiri, dan jika menjadikan perilaku jujur ​​dan etis sebagai nilai kunci, tentu tim juga akan mengikuti. Pemimpin tipe ini menganggap kepemimpinannya merupakan hak pribadinya dan berpendapat bahwa dia dapat menentukan apa saja dalam organisasi, tanpa mengadakan konsultasi dengan bawahannya.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Konsep diri bukan sesuatu yang tiba-tiba “jadi” tetapi harus dibentuk, dengan belajar. Mengenali berbagai kecerdasan majemuk pada anak dapat membantu orang tua untuk merangsang dan meningkatkan perkembangan diri anak. Anda dapat lebih mengasah satu atau beberapa jenis kecerdasan majemuk yang tampak lebih dominan pada Si Kecil, sehingga ia dapat mencapai potensi maksimalnya.

Dia harus bisa memberdayakan setiap anggota tim untuk terlibat dalam kemajuan kantor. Artinya, jangan sampai ada karyawan yang tidak ikut berkontribusi dalam pekerjaan dengan benar. Sebagaimana telah disebutkan di awal, menjadi seorang pemimpin yang best membutuhkan proses.

Tipe kepemimpinan visioner memiliki kemampuan yang kuat untuk mendorong kemajuan dan mengantarkan periode perubahan dengan menginspirasi karyawan dan mendapatkan kepercayaan untuk ide-ide baru. Manajer kemudian mengenali anggota tim tertentu untuk kinerja luar biasa dan membahas tujuan yang dicapai oleh tim. Terakhir, manajer menutup rapat dengan mengumumkan kontes untuk memulai kuartal berikutnya, memotivasi staf penjualan untuk mencapai tujuan mereka. Pemimpin pelatih atau pembina adalah seseorang yang dapat dengan cepat mengenali kekuatan, kelemahan, dan motivasi anggota tim mereka untuk membantu setiap individu menjadi lebih baik.

Dedikasi seorang pemimpin adalah karena pengabdian dirinya untuk organisasi atau perusahaan. Pemimpin yang berdedikasi akan mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktunya demi keberhasilan usaha dalam mencapai tujuan dari organisasi yang memberinya tanggung jawab tersebut. Dedikasi ini merupakan hal yang terpenting diterapkan dalam diri seseorang jika ia ingin mencapai kesuksesan. Dengan dedikasi, seseorang akan terjaga konsistennya, terus berada dalam keuletan, dan tidak pantang menyerah hingga tujuan hidupnya tercapai. Kebanyakan dari kita merasa bahwa kita memiliki kemampuan lebih dari apa yang kita perlihatkan, tetapi tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah keadaan.

Yang jelas, tak ada pemimpin yang secara instan bisa menjadi hebat, tanpa melalui berbagai rintangan terlebih dahulu. Sebagai contoh, ada seseorang yang memiliki shallowness atau harga diri yang sehat atau positif, namun tidak percaya diri apabila diminta untuk memimpin suatu proyek. Kunci memimpin orang lain adalah selain mempunyai tiga kecerdasan di atas, tentunya ikhlas dan kita harus memposisikan diri kita sebagai teladan sebelum menyuruh orang lain, serta menjadi pelayan bagi masyarakat. Posisi kita lebih banyak berbuat, berkorban waktu,tenaga,materi dan pikiran dengan ikhlas, maka inilah”konsep kepemimpinan dengan hati” yang sebenarnya, bukan minta diladeni atau diposisikan sebagai seorang raja atau penguasa. Menurut Zohar dan Marshall, Kecerdasan Spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan Kecerdasan Intelektual dan emosional secara efektif.

Padahal, stable tidaknya sebuah tim juga dinilai dari adanya komunikasi yang baik antara atasan dengan bawahan. Dengan berdiskusi, pemimpin pun bisa tahu jika ada masalah di antara orang yang dipimpinnya. Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Maka sibuk memikirkan membangun umat, membangun masyarakat, merubah dunia akan menjadi omong kosong jika tidak diawali dengan diri sendiri. Merubah orang lain tanpa merubah diri sendiri adalah mimpi mengendalikan orang lain tanpa mengendalikan diri. Contoh keteladanan dalam memimpin umat, setiap orang dapat belajar dari keteladanan Rasulullah Muhamad saw, sebab beliau selain mempunyai keinginan yang kuat untuk mewujudkan, beliau juga telah dimaksum oleh Allah SWT. Terkait pengenalan diri ini kita juga bisa belajar dari teori tentang penyingkapan diri, yang sering disebut dengan “Self Disclosure Theory”.

Keterampilan dan kemampuan tidak hanya untuk mendukung posisi utama sebaai seorang pemimpin. Keterampilan merupakan suatu kelebihan ynag dimiliki setiap orang manusia yang bisa didapatkan melalui proses latihan. Keterampilan dapat ditingkatkan melalui proses latihan secara terus menerus sehingga dari waktu ke waktu dapat menghasilkan perubahan yang signifikan. Keterampilan yang dimiliki seseorang memiliki manfaat yang penting, yaitu dapat menguasai bidang tersebut, memahami, dan mengimplikasikannya.

Categories: Dunia Bisnis